MAKASSAR – 120 Mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan Universitas Bosowa (Unibos) lakukan kunjungan industri dan studi lapangan ke area operasional PT. Semen Bosowa Maros.

Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan potensi akademik dan pengetahuan praktik lapangan mahasiswa pertambangan Unibos, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga : Unibos dan Kroasia Jajaki Peluang Kerjasama Pertukaran Dosen dan Mahasiswa

Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Pertambangan Unibos, Enni Tri Mahyuni,ST.,MT, dalam sesi wawancara menjelaskan, mahasiswa sangat penting melaksanakan kunjungan industri ke perusahaan seperti PT. Bosowa Semen Maros untuk menambah wawasan agar mengetahui bagaimana kondisi kerja di industri.

“Kegiatan kunjungan ini untuk menambah wawasan, pengatahuan, dan aplikasi dilapangan, Selama ini mahasiswa belajari secara teori jadi kami membawa mahasiswa ke lapangan untuk mengetahui sejauh mana aplikasi teori itu diterapkan di lapangan seperti apa,” jelas Enni Tri Mahyuni, ST., MT.

Sebanyak 120 mahasiswa Unibos yang ikut dalam kunjungan rutin tersebut dan setiap tahunnya mahasiswa baru melakukan kunjungan lapangan.

“Ada 120 mahasiswa yang ikut berpartisipasi, karena ini merupakan kunjugan rutin untuk mahasiswa baru di Universitas Bosowa khususnya untuk prodi teknik pertambangan. Mahasiswa prodi teknik pertambangan untuk maba-nya setiap tahun ada kegiatan rutin untuk kunjugan lapangan dan setiap semester itu ada lab laboraturium lapangan untuk mata kuliah-mata kuliah tertentu saja,” tambahnya.

Prodi Teknik Pertambangan juga melakukan kunjungan ke beberapa tempat bersama 120 mahasiswanya.

“Sebelum kunjungan ke PT Semen Bosowa kami akan berkunjung ke leang-leang untuk melihat situs purbakala, lalu ke lokasi pertambangan marmer dan ke PT Semen Bosowa Maros untuk melihat proses produksi semen” tutup Kaprodi Teknik Pertambangan.

Selanjutnya Dekan Fakultas Teknik Unibos, Dr. Riwan, S.T., M.T., mengatakan, tambang harus benar-benar didukung dari segi pengetahuan akademik dan praktik lapangan agar alumni teknik pertambangan dari Unibos yang dapat mengelola berbagai investasi industri pertambangan di Indonesia.