Soppeng, Rakyat News – Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Soppeng, Sumitro menduga tim seleksi calon anggota KPU Soppeng tidak memiliki integritas dan terkesan masuk angin.

“KPU adalah salah satu corong lembaga penegak terwujudnya demokrasi, jika dalam penyeleksian anggotanya terdapat kecurangan, maka jangan harap konsolidasi demokrasi akan terwujud.”
Ungkap Sumitro kepada rakyat.news, senin (23/04/2018).

Sumitro mengatakan beredarnya nama calon komisioner di media sosial sebelum pengumuman resmi menjadi bukti bahwa timsel tidak memiliki kredibilitas dan terindikasi melakukan kecurangan.

“Beredar nama calon komisioner di medsos tentang komposisi sebelum pengumuman resmi patut dipertanyakan ( hasil 6 besar ), dan jika kemudian pengumuman itu benar adanya berarti timsel terindikasi melakukan kecurangan dan diragukan krediibiltasnya serta integritasnya. Mana mungkin ada nama yang sudah tertulis dan bocor ke publik sebelum pengumuman resmi ?,” tuturnya.

Ketua Forum Mahasiswa Peduli Demokrasi ini, menambahkan bahwa kedepan “akan ada momentum besar dimana beban kerja semakin kompleks yaitu pemelihan legislatif dan pilpres, seharusnya timsel melihat pengalaman dan prestasi incumbent,” lanjutnya.

Selain itu, dia meminta tim seleksi calon anggota KPU sulsel untuk mengklarfikasi kabar dan berita tersebut agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat serta membuka semua nilai setiap peserta pada setiap tahapan. (*)