Kiprah Ichsan Yasin Limpo di bidang pemerintahan bukan karena pemberian. Tapi memang melewati ujian. Hasilnya, Ketua PMI Sulsel ini menjadi sosok yang teruji. Pernah menjadi anggota DPRD Provinsi dua periode.Jabatan penting di Partai Golkar Sulsel juga pernah diembannya.

Kini, Ichsan Yasin Limpo ikut dalam pertarungan Pilgub Sulsel 2018 dengan berpasangan Andi Mudzakkar, Bupati Luwu dua periode. Mereka maju melalui jalur perseorangan, atau satu-satunya usungan langsung koalisi rakyat.

Indonesia menganut sistem demokrasi. Untuk jalannya roda pemerintahan, ditunjuk seorang pemimpin. Ditunjuk oleh rakyat lewat pesta demokrasi. Macam Pilkada, Pilpres atau Pileg. Pesta demokrasi ini digelar oleh negara.

Rakyat berbondong-bondong menuju TPS untuk menentukan siapa yang pemimpin pilihannya. Cara memilih pemimpin di Indonesia, adalah dipilih oleh rakyat. Tidak dipilih oleh pemimpin sebelumnya. Seorang pemimpin terpilih karena dianggap banyak orang memang layak. Sesuai kapasitas, bukan fasilitas. (Bersambung)