MAKASSAR – Limbah merupakan suatu hal yang tidak digunakan lagi dengan maksud suatu barang yang dianggap tidak terpakai lagi oleh manusia. Akhir-akhir ini dimana masa pandainya membuat limbah semakin lama semakin melimpah. Tak hanya di Indonesia, tetapi seluruh dunia semakin menambah limbah salah satunya ialah limbah kemasan plastik.

Baca Juga : 4 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Kelompok konservasi laut ocean melaporkan bahwa limbah kemasan plastik Amazon melonjak hampir sepertiga, menjadi 270.000 ton selama pandemi ini dan 10700 ton di antaranya merupakan bantal udara, bungkusan gelembung, dan amplop kertas berlapis plastik yang senilai dengan 67 menit per mobil van, kemungkinan akan berakhir di laut. olehnya itu perlu pengelolaan limbah yang menutupi dunia ini untuk menyelamatkan generasi penerus dan lingkungannya.

Berikut ini 7 tips dan trik mengelola limbah rumah tangga yang Anda dapat lakukan dari rumah anda:

1. Pisahkan tempat sampah untuk organik & anorganik

Sediakan 2 tempat sampah untuk organik & anorganik. Pisahkan juga sampah-sampah yang kering supaya nantinya bisa kamu daur ulang tanpa terlihat kotor atau bau. Jangan lupa untuk memberikan tutupan tempat sampah organik karena tentu akan membusuk pasti akan membuat Anda terganggu jika tercium aromanya di rumah anda.

2. Ganti Alas Plastik Sampah menjadi Koran atau Kardus

Pasti anda bertanya-tanya, bagaimana cara mengganti plastik yang biasa digunakan sebagai alas tempat sampah atau gimana cara membuang sampah yang benar? Saat sampah sudah dipilah dengan benar, maka kita tidak perlu lagi alas plastik. Kita bisa menggunakan koran, kardus, atau bahkan tanpa alas, langsung ke tempat sampahnya. Karena dengan terpisahnya sampah organik dari non-organik akan membuat sampah anorganik jadi tidak mengusik ketenangan anda.