Luwu Utara, Rakyat News – Panwas Kecamatan Sabbang menggelar Bimbingan Teknis uu bagi Panwas TPS (PTPS) se-Kecamatan Sabbang di Aula Kantor Camat Sabbang, Kelurahan Marobo Kabupaten Luwu Utara Sulsel, Minggi, 3/6/2018.

Ketua Panwas Kecamatan Sabbang Mukhlis mengataka, kegiatan bimtek sangat penting dilakukan oleh panwas guna penguatan kepada Panwas TPS dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawas pemilu TPS nanti.

” Bimtek ini merupakan sebuah kebutuhan, dalam rangka penguatan instrumen lembaga pengawasan pemilu di tingkat TPS,” ujarnya.

Dalam bimtek atau pembekalan pengawas TPS Ketua Bawaslu Sulsel Drs H Laode Arumahi, MH menjelaskan dalam pembekalan atau bimtek, diharapkan sebagai referensi untuk penguatan kapasitas demi melakukan pengawasan dalam rangka menghadapi pilkada 2018 dan pemilihan umum 2019 nanti.

“Kegiatan bimtek ini sebagai referensi bagi Panwaslu kecamatan dalam menghadapi pemilukada nanti,” jelasnya.

Dirinya berharap, panwas TPS agar melaksanakan tugas pengawasan di tingkat TPS sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan mengawasi pergerakan surat suara serta memastikan kotak suara baik dqtang maupun dikirim ke PPK dalam kondisi tersegel.

Selain itu Pengawas TPS memastikan data salinan berita acara pemungutan dan penghitungan suara di TPS penugasan, dan juga pengawas TPS diminta jangan meninggalkan lokasi TPS hingga proses penghitungan surat suara dimulai pukul 13.00, karena disinilah jam yang rawan.

Dalam pelantikan/pengukuhan tampak hadir, Polsek asabbang Iptu Abd Rauf, Panwas Kabupaten Lutra aibrahim Umar, kepala sekretariat Eka Erawati dan rohaniawan serta komisioner panwascam Sabbang, Mukhlis, Hasirum, Haslan, Salmiana.(yustus)