JAKARTA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih Best Program Support pada ajang penghargaan nasional Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2021 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Baca Juga: Antisipasi Omicron, Plt Gubernur Dorong Warga Vaksinasi

Apresiasi tersebut diberikan kepada para pelaku industri di tanah air yang telah berperan aktif dalam upaya pengembangan produk halal.

Pemberian diterima oleh Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma’aruf Amin, Jakarta, Jumat (17/12/2021).

Ma’ruf Amin mengapresiasi Kementerian Perindusterian yang telah menyelenggarakan penganugerahan untuk pertama kali di Indonesia.

Ia berharap ini menjadi awal silaturahim berbagai penentu kepentingan dalam menumbuh kembangkan industri halal nasional.

“Penganugrahan ini diharapkan akan menumbuhkan industri halal Indonesia dan ekosistemnya akan terus tumbuh dan menang bersaing di pasar halal global,” kata Ma’aruf Amin.

Ia menyebutkan, pasar industri halal dunia sangat besar dan terus berkembang. Umat Muslim dunia membelanjakan sekitar US$ 2 triliun untuk kebutuhan makanan, farmasi, kosmetik, fashion, pariwisata dan sektor syariah lainnya pada periode 2020-2021

“Alhamdulillah, Sulsel menerima penghargaan dan menjadi yang terbaik untuk kategori Best Program Support. Tentu kita sangat bersyukur atas apresiasi ini, terima kasih kepada Dinas Perindusterian Sulsel serta masyarakat pelaku IKM dalam mendukung industri halal di Sulsel,” kata Andi Sudirman.

Andi Sudirman menyebutkan, bahwa Pemprov Sulsel mendukung pentingnya sertifikasi halal. Bahkan telah menyiapkan program sertifikasi halal gratis.

“Jangan melihat dari segi kelompok, tapi harus dilihat dari sisi kenyamanan untuk semua,” sebutnya.

Dukungan bukan hanya dari sertifikasi halal. Tetapi juga fasilitas halal serta supporting kepada pelaku industri agar bisa mendapatkan sertifikasi halal.