TEKNOLOGINASA (National Aeronautics and Space Administration) atau Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat baru saja meluncurkan teleskop terkuat JWST (James Webb Space Telescope) menuju luar angkasa di hari natal, Sabtu (25/12/2021).

Baca Juga : 3 Tips Cak Lontong Majukan Pendidikan dengan Teknologi

Teleskop Luar Angkasa James Webb lepas landas dari pelabuhan antariksa Kourou di Guyana Prancis pada pukul 12.20 siang dengan roket Ariane 5.

Badan Antariksa Inggris mengatakan, teleskop tersebut dirancang untuk menjawab pertanyaan yang belum terpecahkan tentang alam semesta.

“Dirancang untuk menjawab pertanyaan yang belum terpecahkan tentang alam semesta, ia akan melihat lebih jauh ke masa lalu dari pada sebelumnya hingga 400 juta tahun setelah Big Bang,” katanya.

Juru Bicara NASA, Rob Navias mengatakan, teleskop James Webb akan memulai perjalanan kembali ke kelahiran alam semesta.

“Lift-off, dari hutan hujan tropis ke ujung waktu itu sendiri, James Webb memulai perjalaan kembali ke kelahiran alam semesta,” ujarnya.

Peluncuran ini disiarkan langsung oleh NASA yang menuai komentar dalam berbagai bahasa.

Awalnya, peluncuran direncanakan untuk awal bulan ini, tetapi beberapa kemunduran termasuk masalah komunikasi dan insiden yang membutuhkan putaran pemeriksaan ekstra pada teleskop mendorong tanggal kembali.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Pimpin Serah Terima Kalapas Narkotika Sungguminasa