Makassar, Rakyat News – Majunya Muhammad Syaiful Saleh pada Bursa pencalonan angggota DPD RI 2019 dinilai mempunyai kekuatan untuk lolos kedepannya.

Pengamat Politik Makassar Andi Luhur Prianto, mengatakan bahwa sejauh ini kami melihat pak Syaiful Saleh mempunyai jaringan yang cukup kuat.

“Disamping itu pula pak Syaiful Saleh ini termasuk calon senator yang paling siap menghadapi kontestasi DPD RI. Beliau juga punya basis dukungan struktural Ormas Islam yang mengakar,” ungkap Andi Luhur Prianto saat dikonfirmasi, Sabtu (30/6/2018).

Menurut Luhur pula bahwa tantangan terbesar bagi beliau dan tim pemenangan adalah bagaimana membangun sinergi secara internal dan eksternal.

“Secara internal, soliditas dukungan bisa di rebut dengan memadukan sentuhan struktural dan kultural. Sementara secara eksternal, Pak SS harus keluar melampaui basis tradisionalnya, pada komunitas yang lebih luas, terutama di segmen nasionalis dengan karakter pemilih yang rasional,” tambahnya.

Bahkan ia pula menilai bahwa rivalitas kontestasi di DPD RI cukup berat, Tidak mudah memperebutkan suara untuk kursi dengan kandidat yang memiliki basis dukungannya masing-masing.

“Tetapi dengan kerja-kerja elektoral tim yang simpatik, terukur dan spartan, saya kira peluang Pak Syaiful Saleh terbuka untuk satu kursi senator,” tuturnya.

Diketahui, baru saja KPU Sulsel merilis empat calon DPD RI yang lolos verifikasi Faktual diantaranya Muhammad Syaiful Saleh dan lainnya belum memenuhi syarat.