MAKASSAR – Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Makassar bekerja sama dengan PT Berdikari United Live Stock (BULS) menyuplai daging sapi berdikari yang sehat dengan proses pemotongan higienis dan halal ke kota Makassar.

Baca Juga : Walikota Danny Dampingi Mentan RI Kunjungi RPH Ruminansia Manggala

Penjabat Direksi Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Makassar, Syafrullah mengungkapkan, pemotongan perdana telah dilaksanakan kemarin.

“Proses pemotongan higienis. Kami pastikan dagingnya aman, sehat, utuh, dan halal. Proses pemotongan sudah modern,” ungkap Roel, sapaan akrab Syafrullah, Sabtu (19/2/2022).

Usai proses pemotongan tersebut, dipaparkan 3 keunggulan daging sapi berdikari dibanding sapi lokal Makassar. Berikut keunggulannya.

1. Pakan dan Nutrisi Terjamin

Syafrullah menjelaskan, kualitas daging sapi PT Berdikari ini berbeda dengan daging sapi lokal Makassar. Makanan dan nutrisi sapi di Ranch Bila Sidrap sangat terjamin.

“Kualitasnya beda, karena sapi-sapi dari Berdikari ini kan makanan dan nutrisinya terjamin. Tidak seperti sapi lain, yang peternaknya lepas begitu saja. Daging sapi Berdikari lebih berkualitas, tapi harganya sama,” jelasnya.

2. Dipasarkan di Pasar Tradisional

Ia mengatakan, daging sapi berdikari selain dipasok untuk hotel dan restoran, juga akan membuka gerai di sejumlah pasar tradisional.

“Kita akan buka gerai di pasar tradisional, sehingga masyarakat bisa mendapatkan daging berkualitas dari RPH ini,” ujarnya.

3. Melalui Prosedur Pemeriksaan Ahli

Sebelumnya, Dokter Hewan PD RPH Kota Makassar, Muh Ridwan Gaffar menjelaskan, daging sapi yang diproduksi Berdikari sangat berkualitas, sehat, serta layak konsumsi. Ia pun telah melakukan pemeriksaan mulai dari kondisi hati, limfa, paru, dan ginjal setelah proses pemotongan.

“Setelah saya periksa, hatinya tidak membengkak, kemudian mengkilat, dan sudut-sudut hatinya runcing. Dan tidak mengandung cacing,” kata Ridwan.