JAKARTA – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, jika Mahkamah Agung (MA) sebagai pengawal keadilan berperan penting dalam semua agenda transformasi Indonesia. Ia menegaskan hal tersebut di dalam sidang Istimewa Laporan Tahunan MA tahun 2021 yang digelar secara virtual, Selasa (22/02/22).

Baca Juga: Jokowi Paparkan 3 Alasan IKN Tidak Merusak Hutan

Berikut, 3 Alasan MA Berperan Penting Dalam Agenda Transformasi.

1. Sebagai penegak keadilan

Jokowi menjelaskan, posisi MA sebagai lembaga Yudikatif sangat krusial dalam menegakkan keadilan. Karenanya, pemerintah butuh dukungan dari MA dalam semua agenda transformasi Indonesia.

“Pemerintah butuh dukungan dari Mahkamah Agung dan jajaran pengadilan tinggi, pengadilan negeri di seluruh Tanah Air Indonesia. Peran Mahkamah Agung sebagai pengawal keadilan sangat krusial dalam mendukung transformasi Indonesia,” jelasnya.

baca juga di :Dorong Kesadaran Hukum, YLBHM Gelar Penyuluhan dan Konsultasi Hukum Gratis

2. Sikap berkeadilan yang merata

Jokowi juga mengungkapkan, jika sikap tidak pandang bulu yang dimiliki MA dalam mengambil putusan-putusan hukum yang berkeadilan, tidak dimiliki oleh pemerintah atau eksekutif. Hal ini yang membuat MA sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam agenda transformasi.

“Peran MA dibutuhkan sebagai lembaga yang dapat menghasilkan putusan-putusan penting atau landmark decisions, yang memberikan kepastian hukum berkeadilan bagi seluruh masyarakat,” jelasnya.

baca juga di :YLBHM Gelar Kegiatan Bertajuk ‘Akses Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu’

3. Melindungi Warga Negara

Menurut Jokowi, sebagai lembaga yang memiliki legitimasi dalam memberikan kepastian hukum yang merata dan berkeadilan, MA punya peran penting dalam melindungi seluruh warga negara.

Ia menambahkan, selain putusan penting (Landmark decisions) yang dihasilkan oleh MA untuk memberikan kepastian hukum yang berkeadilan bagi masyarakat, melindungi aset-aset negara dan aset publik lainnya, juga memberikan efek jera bagi koruptor dan mafia hukum yang mencederai rasa keadilan.

Baca Juga: 2 Alasan, Jokowi Resmikan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan

Jokowi mengungkapkan saat ini pemerintah tengah mengawal beberapa agenda transformasi penting, yakni pemerataan pembangunan, pengelolaan SDA, dan transformasi di bidang hukum, yang membutuhkan dukungan lembaga legislatif dan yudikatif.