Gowa, Rakyat News – Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi menghadiri ritual adat Accera Kalompoang, Minggu (11/08) siang.

Ritual adat yang bertepatan dengan perayaan Idul Adha ini, digelar di Istana Balla Lompoa yang dihadiri langsung oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL, Raja Gowa ke-37 I Kumala Andi Idjo, beserta segenap unsur Forkopimda Gowa, Kerabat Kerajaan Gowa, dan tamu undangan lainnya.

Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi menghadiri ritual adat Accera Kalompoang. Dok

Adapun sebelumnya, ritual adat berupa pencucian benda pusaka ini sempat vakum sejak tahun 2015 lalu akibat adanya perselisihan antara pihak Pemkab dan Kerajaan Gowa, namun kini kedua belah pihak telah berdamai dan sepakat dalam penyelenggaraan kali ini selaras dengan upaya rekonsiliasi yang juga berhasil dimotori oleh Polres Gowa.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi mengungkapkan apresiasi dan rasa syukurnya atas terselenggaranya kembali ritual adat Accera Kalompoang. “Kita patut bersyukur, akhirnya acara Accera Kalompoang ini dapat terselenggara kembali meski sempat vakum,” jelasnya.

Kapolres pun berharap, tradisi kebudayaan ini dapat terus dilestarikan, sehingga Kabupaten Gowa dapat semakin dikenal, bukan hanya di nasional, bahkan hingga ke mancanegara. (*)