Luwu, Rakyat News – Sehubungan dengan diadakannya Pelantikan dan Pelatihan Dasar Jurnalis 2019 se- Kabupaten Luwu Dewan Pengurus Daera (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Luwu pada bulan oktober 2019 menadatang.

Tim panitia yang terbentuk telah dipersiapkan beberapa item kegiatan kegiatan sebelum tanggal penetapan pelaksaan.

‘’Kami sudah mempersiapkan kegiatan ini dari dua bulan sebelum penetapan tanggal yang disepakati oleh DPW JOIN Sulsel kepada DPD JOIN Luwu’’.

Tambah Ketua Pelaksana, Irwan Gunawan menjelaskan ‘’selain penetapan tanggal, kami juga melakukan beberapa resavel keanggotaan. Sebab menurutnya ini adalah event pertama. Jadi kami benar-benar mencari tim-tim yang konsisten dan berkomitmen untuk mensukseskan kegiatan ini’’ Ungkap Irwan

Selain itu, Kegiatan tersebut bakal mengangkat tema Perans Pers Dalam Pembangunan dan Pemerintah dimata Rakyat, yang dimana akan dikemas dalam bentuk Diskusi Publik dan Aksi Tutup Mulut’’.

” Peserta yang kami harapkan, itu berasal dari kalangan umum dan non Jurnalis/Wartawan, sekiranya bisa dibarengi dengan nilai-nilai edukasi diduani karya Jurnalis/Wartawan. Untuk pesertanya sendiri yang kami targetkan sebanyak 250 Orang/Peserta. Insyah Allah, kami yakin pencapaian target tersebut akan kami raih nantinya’’. Kunci Ketua Pelaksana Irwan Gunawan

Terpisah, Ketua DPD JOIN Luwu Zainuddin Bundu Saoda alias Ajis yang disapa pada kalangan pers menjelaskan tujuan dari adanya pelantikan dan pelatihan yang dikonsep sebelumnya oleh divisi-divisi JOIN LUWU.

‘’Ia, kami sengaja membuat konsep dengan menargetkan peserta sebanyak 250 orang dari berbagai kalayak umum, dan bukan peserta yang berprofesi dari Jurnalis/Wartawan’’ Kata Ketua DPD JOIN LUWU Zainuddin Bundu.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan dengan adaanya kegiatan dimaksud dan bertujuan untuk menciptakan ketransparansia publik maupun fungsi Pers dalam pengawasan sebagai Pilar Ke 4 Demokrasi.