MAKASSAR – Melalui program kerja bidang kepemudaan, Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan berinovasi tiada henti dimana pemuda akan mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensinya demi mengisi pembangunan dan mensejahterahkan perekonomian.

Baca Juga :Dispora Makassar Siapkan Program Untuk Pemuda dan Rehabilitasi Prasarana

Kepala Bidang Kepemudaan, Dispora Sulsel, Heri Sumiharto, mengungkapkan, melalui program kerja prioritas akan melakukan pelatihan dalam bentuk kegiatan yang bertujuan meningkatkan kapasitas pemuda, baik dari segi kepemimpinan, manajemen atau kelembagaan dan berwirausaha bagi para pemuda.

“Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan melalui dinas pemuda dan olahraga mempunyai kegiatan-kegiatan untuk peningkatan kapasitas dari para pemuda, misalnya peningkatan kapasitas terkait dengan kepemimpinan, kemudian peningkatan kapasitas kelembagaan, kemudian juga ini sekarang kita mencoba untuk peningkatan pemuda dalam potensi dia berwirausaha,” ungkapnya, Senin (14/03/2022).

Heri menambahkan, dalam pelaksanaan pelatihan ini juga melibatkan stakeholder yang berhubungan dengan bidang-bidang terkait berdasarkan target peningkatan kompetensi tersebut.

“Dalam bentuk pelatihan dan kita libatkan stakeholder yang memang langsung menyentuh terkait dengan peningkatan kompetensi,” ungkapnya.

Baca Juga : Pemuda Ara-Lembanna Sukses Gelar Festival Seni Budaya dan Sejarah

Ia pun kemudian menjelaskan, begitu penting dan perlunya pelatihan ini dilakukan, melihat pengaruh pendemic covid-19 yang menyebabkan semakin sulitnya lapangan kerja di berbagai sektor, terutama di sektor perekonomian.

Lebih lanjut, hal ini juga dimaksudkan agar pemuda bisa sejahtera secara ekonomi.

“Karena kita tahu bahwa pengaruh bergejolaknya pandemic ini kan, akhirnya semua serba susah bergerak , sehingga lapangan kerja juga berkurang,” jelasnya.

Lebih lanjut Heri menerangkan, betapa perlunya pemuda pada hari ini dalam meningkatkan kapasitasnya, pemuda harus maju dan menciptakan inovasi serta kreatif dalam mengisi pembangunan terutama di daerahnya masing-masing, karena sekarang ini negara kita memerlukan figur pemuda yang bisa dan pandai membangun.