DPRD Makassar

Hutan Tertua Ada di Indonesia, Berikut 7 Hutan Tertua di Dunia

Hutan Tertua Ada di Indonesia, Berikut 7 Hutan Tertua di Dunia
Hutan hujan adalah salah satu ekosistem terpenting di bumi. Apa nama hutan hujan tertua di dunia? Beriku adalah daftar hutan hujan tertua di dunia (sumber : Pixabay)

MAKASSAR – Hutan hujan adalah salah satu ekosistem terpenting di bumi. Apa nama hutan hujan tertua di dunia? Beriku adalah daftar hutan hujan tertua di dunia.

Baca Juga : Terus Mengalir, IKA Kehutanan dan FIKP Unhas Beri Dukungan ke AAS
1. Hutan Hujan Daintree

Hutan hujan tertua di dunia adalah Hutan Hujan Daintree di Australia. Hutan hujan Daintree diperkirakan berusia 180 juta tahun.

Meliputi area seluas kurang lebih 1.200 kilometer persegi, bukan hanya hutan hujan tertua tetapi juga terbesar di Australia.

Menurut Daintree Discovery Centre, hutan human Daintree adalah rumah bagi 30% katak, reptil dan mamalia bekantung, 65% kelelawar dan kupu-kupu, 18% burung, dan 12.000 spesies serangga.

2. Hutan Hujan Borneo

Hutan Hujan Borneo mengambil tempat hutan hujan tertua di dunia berlokasi di Kalimantan, Indonesia.

Hutan Hujan Borneo diperkirakan berumur sekitar 140 juta tahun, seluas 425 kilometer persegi dan merupakan salah satu paru-paru bumi.

Hutan Hujan Borneo memiliki vegetasi yang sangat lebat dan keanekaragaman hayati yang tinggi.

Seperti yang dilaporkan WWF, Borneo adalah rumah bagi sekitar 3.000 spesie pohon, 1.700 spesie anggrek (beberapa di antaranya langka dan terancam punah), dan 50 spesies tumbuhan karnivora.

Hutan Hujan Borneo juga dikenal sebagai salah satu dari dua tempat di dunia di mana harimau, badak, gajah dan orangutan hidup berdampingan.

3. Hutan Hujan Taman Negara

Hutan hujan tropis terbesar dan tertua di dunia terletak di negara bagian Pahang, Malaysia. Hutan hujan ini berusia sekitar 130 juta tahun, menjadikannya hutan hujan tertua ketiga di dunia.

Hutan Hujan Taman Negara meliputi area seluas 4.343 kilometer persegi dan merupakan rumah bagi berbagai spesie flora dan fauna.

Hutan hujan Taman Negara adalah rumah bagi lebih dari 200 spesies mamalia, 100 spesies ular, 150 ribu spesies serangga dan 280 spesies pohon.