Jeneponto, Rakyat News – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad, ujar Hj. Hamsiah Iksan pada acara peringatan Maulid di PAUD Yayasan Masa Depan Jeneponto Binaan PT. Energy Bayu Jeneponto, Jumat (22/11/2019).

Dalam kesempatan tersebut hadir para peserta didik, tenaga pendidik, serta para undangan didampingi oleh kepala Dinas pedidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto Nuralam Basir.

Hamsiah mengatakan maulid nabi seyogyanya dapat menjadi pendidikan penting bagi anak dalam memahami sejarah Nabi Muhammad guna meningkatkan ilmu agama pada peserta didik. Agama harus menjadi pilar utama pada generasi muda kedepan guna menciptakan generasi masa depan yang handal dan bermartabat, kata Hamsiah Iksan.

Hamsiah berharap, peringatan maulid ini mari dapat diadikan sebagai momentum dan langkah awal penanaman nilai agama di setiap aspek kehidupan dan menjadikan akhlakul karimah yang Nabi Muhammad contohkan sebagai dasar peletakan pondasi moral anak bangsa, tutup Hamsiah Iksan yang juga istri orang Nomor Satu di Jeneponto ini. (*)