JAKARTA – Seluruh wilayah Kiev yang sebelumnya sempat dikuasai Rusia kini direbut kembali oleh Ukraina.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan, pasukannya telah berhasil merebut kembali seluruh wilayah Kiev dari pasukan Rusia. Namun, pihak kementerian juga mengingatkan masyarakat sipil bahwa Rusia mungkin telah meninggalkan banyak ranjau darat di wilayah Kiev dan area lainnya.

Pengumuman pada Sabtu kemarin ini merupakan kali pertama Ukraina mengklaim perebutan penuh wilayah Kiev sejak terjadinya invasi Rusia pada 24 Februari.

Baca Juga : 3 Kesalahan Militer Rusia Invasi Ukraina

“Seluruh wilayah Kiev telah dibebaskan dari penjajah,” kata Deputi Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Malyar melalui laman Facebook, dikutip dari Al Jazeera, Minggu, 3 April 2022.

Secara total, pasukan Ukraina telah merebut kembali lebih dari 30 kota dan desa di sekitar Kiev, menurut keterangan beberapa pejabat negara. Perebutan kembali kota ini diwarnai pemandangan mengenaskan, seperti banyaknya jasad manusia yang bergelimpangan di jalan dan deretan kendaraan tempur yang rusak.

Di Bucha, kota di dekat Kiev, pasukan Ukraina menggunakan kabel untuk menarik sejumlah jasad warga sipil dari jalan raya. Hal itu dilakukan atas kekhawatiran adanya ranjau yang dipasang di tubuh jenazah.

Sementara itu, sejauh ini pihak Rusia belum berkomentar terkait penguasaan wilayah Kiev yang kembali ditangan Ukraina.

Baca Juga : Pertempuran Sengit Tentara Ukraina vs Rusia di Dekat Kiev