Jakarta, Rakyat News – Seseorang wanita nekat bugil yang terekam kamera disebuah apotek di Mangga Besar, Jakarta, menjadi viral di medsos.

Dilansir jawapos.com, senin, (05/06/2017) keadaan ekstrem seperti memiliki berbagai faktor pemicu.

Psikolog Klinis Liza Marielly Djaprie menjelaskan sejumlah kemungkinan-kemungkinan yang melatarbelakangi perbuatan nekat wanita tersebut. Sedikitnya ada tiga kemungkinan kuat yang masih menjadi teka-teki alasan tindakan tersebut.

Alasan Pertama
Bisa jadi wanita tersebut sedang berada di bawah pengaruh obat-obatan atau narkoba. Sehingga tingkat halusinasinya berlebihan dan menjadi gangguan. Akibatnya, seolah seseorang mendapatkan banyak bisikan yang memintanya melakukan hal itu.

“Tentu semuanya enggak akan tahu ya apa penyebabnya, tapi ada beberapa kemungkinan. Pertama, pakai obat,” jelas Liza kepada JawaPos.com, Senin (5/6).

Liza menjelaskan seseorang yang menggunakan obat-obatan, tidak memiliki kemampuan berpikir secara objektif dan akan terganggu secara analitical. Orang tersebut juga tak bisa bedakan mana yang baik untuk bisa dilakukan.

“Halusinasi mendorong diri menjadi center af attention. Barangkali merasa ada bisikan dari Tuhan,” ungkapnya.

Alasan Kedua
Adanya gangguan kepribadian seperti narsistik dan histrionik. Orang dengan gangguan seperti ini, kadang-kadang sangat membutuhkan perhatian besar. Orang dengan gangguan kepribadian, harus menjadi center of attention.

“Sehingga menjadi drama. Narsis itu merasa yang dia lakukan pasti benar, kebutuhan center of attention. Yang dibilang gangguan, karena dosisnya berlebihan. Gangguan ini hiperbola,” ungkap Liza.

Alasan Ketiga
Bisa jadi wanita bugil tersebut memiliki gangguan emosi bipolar. Sebuah gangguan emosi  atau kepribadian ganda.

“’Jadi ada rasa swinging depresi dan manik. Seseorang itu mengalami euforia berlebihan melakukan hal-hal yang tak dipikir,” jelasnya. (*/JP)