“Selain silaturahim kepada saudara-saudara kami di Fikom Unpad, kami juga memiliki tujuan untuk belajar dalam pengelolaan laboratorium komunikasi sebagai wadah dalam memproduksi media pembelajaran. Karena kelak tanggung jawab laboratorium komunikasi di Unhas akan menjadi besar seiring tuntutan era Pendidikan yang berbasis multimedia dan digital,” tegas M. Iqbal Sultan.

Baca Juga : Magister Administrasi Publik FISIP Unhas Ikuti Akreditasi Internasional FIBAA

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemutaran video profil Fikom Unpad. Kemudian dilanjutkan dengan tour ke beberapa laboratorium komunikasi, antara lain Laboratorium Humas, Laboratorium TV, Laboratorium Komputer (CMC), Laboratorium Grafika, Laboratorium Radio, Laboratorium Fotografi, Studio TV Komunitas, Laboratorium Newsroom dan yang terakhir rombongan mengunjungi salah satu kelas hybrid yang dimiliki Fikom Unpad saat ini.

Dodo Mulyadi sebagai Manajer Sumber Daya Perencanaan dan Informasi Fikom Unpad yang memimpin tour laboratorium komunikasi menjelaskan bahwa ke-9 laboratorium komunikasi saling bersinergi satu sama lain dalam mendukung aktivitas pembelajaran berbasis produk bagi mahasiswa Fikom Unpad bahkan dengan mata kuliah kewirausahaan, laboratorium dapat berperan sebagai inkubator bisnis. Kemudian khusus untuk kelas hybrid tersebut didesain untuk mengakomodasi kelas pembelajaran selama masa pandemic covid 19 menggunakan metode kombinasi antara luring dan daring.

“Namun, tidak tertutup kemungkinan kami untuk menambah kelas-kelas hybrid serupa, karena tuntutan Pendidikan ke depan tetap akan menggunakan metode hybrid ini sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif meski pandemi covid 19 berlalu,” terang Dodo.(*)