“Adapun dari aspek mu’amalah ijtima’iyah umat muslim dituntut untuk senantiasa peka terhadap kondisi sosial di lingkungan sekitarnya, peduli terhadap sesama serta menebarkan kasih sayang kepada semua umat manusia, karena bulan Ramadan adalah bulan rahmat atau bulan kasih sayang. Pada bulan Ramadan kita dilatih untuk senantiasa memiliki kepekaan sosial, kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama. Untuk itu, pada bulan yang suci ini kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, karena selain memiliki nilai ibadah, sedekah juga sebagai bentuk kepedulian sosial kepada sesama,” kata Gubernur Ali Mazi.

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Bersama Wamen Agraria Rapat Monitoring GTRA Summit 2022

Kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadan telah menjadi bagian dari tradisi umat muslim, tidak saja di negeri kita Indonesia, tetapi juga bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Kegiatan keagamaan yang bersifat kolektif ini menurut hemat Gubernur Ali Mazi sangat penting dalam upaya penguatan nilai-nilai kebersamaan, persaudaraan dan persatuan baik sebagai sesama umat muslim maupun sebagai sesama bangsa Indonesia, khususnya warga masyarakat Sulawesi Tenggara.

Namun demikian, di tengah situasi pandemi Covid-19 kegiatan buka puasa bersama hanya dapat dilaksanakan secara terbatas, dan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Saya selaku Pimpinan Daerah Sulawesi Tenggara, menyambut baik, seraya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas inisiatif dari PT. Antam, Tbk., merangkaikan kegiatan buka puasa bersama dengan kegiatan Pemprov Sultra dan PT. Antam, Tbk., Berbagi untuk memberi santunan kepada panti asuhan, pondok pesantren dan fakir miskin sebagai salah satu manifestasi rahmatan lil’alamin yang menjunjung tinggi nilai-nilai kasih sayang dan kemaslahatan bersama. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan mampu menjadi perekat penguatan sinergitas seluruh komponen masyarakat dengan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan,” ujar Gubernur Ali Mazi lagi.

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Bersama Wamen Agraria Rapat Monitoring GTRA Summit 2022

Pelaksanaan pembangunan, baik di pusat maupun di daerah mutlak membutuhkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat. Tanpa adanya dukungan dari semua pihak mustahil pemerintah dapat meraih capaian-capaian pembangunan secara baik dan optimal. Oleh karena itu, marilah momentum bulan suci Ramadan ini kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membangun kedekatan kepada Allah Subhanahu Wata’ala, dalam konteks hablun minallah dan perbaikan tatanan kehidupan sosial masyarakat dalam konteks mu’amalah ijtima’iyah.