Takalar, Rakyat News – Sosialisasi dan pedoman rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana tahun 2019 oleh BPBD Takalar berlangsung di Gedung Darmawanita Kabupaten Takalar, Jumat 20 Desember 2019.

Sosialisasi tersebut diselenggarakan bagi korban bencana puting beliung yang telah mendapatkan bantuan material rumah beberapa pekan yang lalu.

“Ini sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah untuk mengurangi beban warga yang terkena bencana,”jelas Kepala BPBD Takalar H.M Nasir Rahman.

Kepala BPBD melanjutkan jika meskipun bantuan yang diberikan kepada warga tidak sepenuhnya, namun peserta juga diberikan pemahaman bagaiamana langkah-langkah dan antisipasi untuk senantiasa waspada terhadap berbagai ancaman bencana.

Sekaitan dengan hal tersebut, Bupati Takalar menyampaikan jika bencana merupakan sesuatu yang tidak bisa ditolak dan apalagi diprediksi, sehingga yang selain penanganan, pola pikir juga harus diubah menjadi lebih positif terhadap bencana.

“Musibah sesuatu yang tidak bisa kita tolak, sehingga kita harus mengubah cara pikir kita kearah yang lebih positif. Kita sudah tekankan kepada masing-masing khususnya BPBD bahwa apabila terjadi bencana penanggulangannya harus cepat, karena itu bukti jika pemerintah ada ditengah-tengah masyarakat,”ucap Syamsari.

Dalam sosialisasi tersebut, Bupati Takalar juga mengajak seluruh peserta untuk berdoa agar tidak adalagi bencana yang terjadi khususnya di Kabupaten Takalar.

Penulis : Rheny
Editor : Rey