JAKARTA – Partai Nasdem meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erik Thohir menjelaskan secara spesifik soal dugaan adanya mafia bibit di sektor pertanian.

Baca Juga : Sidak Pasar, Mentan: 12 Komoditas Pokok di Tangerang Aman

Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis, Harmavi Taslim, mengatakan pihaknya akan meminta Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mundur jika tuduhan itu terbukti.

“Kalau hal itu ada (mafia bibit), maka Nasdem akan mendesak Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk mengundurkan diri dari kabinet karena telah mencederai misi pengabdian restorasi yang diamanatkan oleh partai kepada beliau,” katanya, Minggu (24/2/2022).

Hermawi mengatakan, Nasdem perlu menanggapi tudingan tersebut karena Syahrul merupakan kader Nasdem di kabinet yang ditunjuk untuk membantu Presiden Joko Widodo.

Hermawi melanjutkan, jika ada bukti kuat terkait dugaan penyimpangan di Kementerian Pertanian, Nasdem akan meminta KPK atau Kejaksaan Agung untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut.

Selain itu, Ia juga mempertanyakan pernyataan mendadak Eric tentang keberadaan mafia di Kementerian Pertanian (Kementen).

“Nasdem juga ingin bertanya kepada Erick Thohir, kok ujug-ujug ngomong soal mafia di Kementan. Apakah Erik Thohir sedemikian yakin bahwa di Kementerian BUMN tidak ada mafia?,” katanya.

Sebelumnya, Ericl sempat mengungkap adanya mafia bibit di bidang pertanian saat memberikan kuliah umum di Universitas Padjadjaran.

“Bibit pun ada mafianya. Banyak petani mendapatkan benih hybrid, yang salah, sehingga ketika tumbuh tidak baik,” ungkapnya, dilansir nasional.kompas.com.

Erick juga berharap praktik mafia tidak boleh dibiarkan berkembang karena mengurangi kualitas bibit yang diterima petani.

Baca Juga : Polri Lakukan One Way Jika Terjadi Lonjakan Arus Mudik