JAKARTA – Lebaran sebentar lagi tiba, anak-anak di rumah mungkin sudah bertanya takbiran dan idul fitri hari apa?

Wajar saja, mungkin karena mereka menantikan momen takbiran bersama teman-teman sekampung.

Berikut penjelasan takbiran dan idul fitri.

Baca Juga : Walikota Danny Pomanto Dampingi Plt Gubernur Sulsel Pantau Pos Pengamanan Lebaran

Sesuai kalender nasional

Apabila lebaran atau Idul Fitri 2022 tetap jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 sesuai dengan yang tertera dalam kalender nasional, maka jawaban untuk pertanyaan takbiran hari apa sudah diketahui. Anak-anak dan warga negara Indonesia pada umumnya sudah bisa melakukan takbiran pada tanggal 1 Mei malam, atau hari Minggu malam Senin.

Lafal Takbiran Idul Fitri

Setelah diketahui takbiran hari apa, Anda mungkin membutuhkan petunjuk, lafadz takbiran yang tepat. Setelah membaca dari berbagai sumber, kami simpulkan bacaan takbiran Idul Fitri yang tepat di bawah ini.

Lafal ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Al- Baqarah ayat 185. Dalam surat tersebut Allah SWT berfirman, “dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Lafadz takbiran yang sesuai sunnah ada dua bentuk, yaitu versi panjang dan pendek. Berikut lafadz takbiran sesuai sunnah menurut pendapat Mazhab Syafi’i.

1. Lafadz takbiran pendek

Allaahu akbar allaahu akbar allaahu akbar. laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahilhamd

Artinya: “Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tidak ada tuhan melainkan Allah, dan Allah maha besar, Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.”

2. Lafadz takbiran panjang

Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar.. Laa – ilaaha – illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar walillaahil – hamd.