MAKASSAR Peneliti Pusat Kajian Peneliti Haji dan Umrah, Asmin Jaya, memberikan Tips bagi kaum Muslimin yang baru pertama kali berangkat ke Tanah Suci.

Berikut ini tips yang perlu dipersiapkan bagi calon jemaah haji yang baru pertama kali berangkat ke Tanah Suci.

1. Perbanyak Pengetahuan mengenai Ibadah Haji

Setelah melakukan pendaftaran ibadah haji, kita memerlukan waktu yang tidak singkat untuk mendapatkan giliran keberangkatan ke Tanah Suci. Oleh karena itu calon jemaah haji harus memperkaya diri dengan wawasan atau pengetahuan agama khususnya tata cara pelaksanaan ibadah haji. Hal itu dapat dilakukan dengan cara membaca buku tuntunan manasik Haji, datang ke pengajian agama, berguru kepada ahli agama dan masih banyak lagi lainnya.

2. Menentukan Haji Reguler / Haji Plus

Menentukan layanan jenis haji bagi calon jemaah juga sangat penting. Apakah calon jemaah haji ingin menempuh haji Reguler (Berbasis Layanan Pemerintah) atau Haji Plus/Khusus (Berbasis Layanan Travel). Tentunya hal ini juga memberikan pelayanan, fasilitas akomodasi dan daftar tunggu keberangkatan yang berbeda.

Baca Juga : Polri Bersama Polda Jatim, Gagalkan Penyeludupan Minyak Goreng Siap Ekspor

3. Membayar Biaya Angsuran

Untuk mendapatkan nomor antrian atau biasa disebut dengan nomor porsi calon jemaah maka perlu untuk membayar telebih dahulu biaya angsuran haji ke Provider yang ditentukan. Dalam hal ini calon jemaah haji harus berhati-hati karena tidak sedikit kasus penipuan keberangkatan ke Tanah Suci.

4. Persiapkan Berkas Pendaftaran

Melakukan persiapan berkas untuk melengkapi prosedur pendaftaran sedini mungkin dilakukan oleh calon jemaah haji agar pada saat melakukan pendaftaran dapat terselesaikan dengan cepat. Persiapkan KTP, KK, akte kelahiran, Ijazah sekolah apabila diperlukan, buku nikah bagi yang sudah menikah, untuk membuat paspor perjalanan calon jemaah haji dan Dokumen pendukung lainnya sesuai dengan kebijakan pemerintah yang berlaku.

 Baca Juga : Antisipasi Tindak Pidana Kejahatan Malam Hari, Polres Pelabuhan Makassar Tingkatkan Patroli

5. Persiapkan Barang Bawaan

Melakukan perjalanan lintas negara dan bermukin sementara beberapa hari lamanya, tentu calon jemaah haji harus membawa barang atau kebutuhan pribadi mereka masing-masing, contohnya pakaian, alat mandi/kosmetik, obat-obatan dan lain-lain. Cukup dengan membawa barang yang penting saja dan tidak berlebihan.

6. Persiapkan Fisik dan Mental yang matang

Kesehatan baik secara jasmani dan rohani sangat di perlukan oleh calon jemaah haji. Mengingat ibadah haji adalah ibadah yang memerlukan fisik yang sehat. memperoleh fisik yang sehat dapat dilakukan dengan rutin untuk berolahraga, konsumsi makanan yang bergizi serta suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh.

7. Provider Layanan Internet

Saat ini komunikasi menjadi hal yang tak dapat terputus oleh seseorang begitu saja. Oleh karena itu sebelum calon jemaah haji berangkat ke Tanah Suci alangkah baiknya memilih Provider telepon terbaik yang tepat dibawa ke luar negeri khususnya di Arab Saudi dapat juga membeli kartu SIM local Arab Saudi. Setidaknya dengan hal ini, komunikasi dengan keluarga atau kerabat yang ada di tanah air dapat terjalin dengan baik.