JAKARTA – Dalam keadaan lapar, seseorang membutuhkan makanan yang dapat mengisi perut agar mencegah sakit. Memakan mie instan selalu menjadi pilihan dengan cara cepat.

Baca Juga : 7 Tanda Awal Penyakit Gusi yang Mesti Dicegah

Sebagian lagi punya kebiasaan memakan mie instan dengan nasi. Namun, ternyata melakukan hal demikian untuk mengatasi rasa lapar mempunyai dampak buruk.

Berikut 5 Dampak Buruknya….

1. Malnutrisi

Tubuh Anda membutuhkan nutrisi lain berupa protein, lemak, dan nutrisi. Kekurangan nutrisi-nutrisi ini bisa menyebabkan Anda mengalami malnutrisi. Makan mie instan dengan nasi dapat menambah karbohidrat secara berlebihan.

2. Meningkatkan Hormon Insulin

Ketika makanan yang mengandung karbohidrat masuk ke dalam tubuh, akan dicerna menjadi gula. Hasil proses pencernaan ini akan masuk pankreas dan diolah oleh hormon insulin, semakin banyak konsumsi mi instan plus nasi, semakin banyak pula hormon insulin diproduksi. Peningkatan tersebut berdampak pada kesehatan tubuh anda.

3. Merusak Pankreas

Organ yang paling berperan dalam memproduksi insulin adalah pankreas. Jika terlalu banyak gula dan karbohidrat dalam tubuh, pankreas harus bekerja lebih keras. Akibatnya, pankreas mungkin tidak berfungsi secara normal dan akan mengalami beberapa kerusakan, seperti Diabetes Mellitus.

4. Kerusakan Organ Hati

Karbohidrat berlebih dalam tubuh akan dipecah menjadi zat lain. Misalnya, Anda kekurangan nutrisi lemak, maka karbohidrat akan dipecah menjadi lemak.

Lemak ini kemudian akan ditransfer ke hari untuk mendukung metabolisme pencernaan. Namun, lemak-lemak ini tidak selalu lemak baik. Jika yang menumpuk di hati Anda adalah lemak jahat, tentu akan membahayakan hati Anda.

5. Melebarkan Ukuran Perut

Makan mie instan dengan nasi juga dapat melebarkan ukuran perut anda dan mengganggu anda dalam berolahraga.