JENEPONTO – Launching Penerapan SPORT for ALL dan SPORT TOURISM di Kabupaten Jeneponto berlangsung Ahad (29/05/2022) lalu di Halaman Kantor Bupati adalah upaya meretas stigmatisasi yang kurang produktif terhadap pembudayaan olahraga.

Bupati Jeneponto Drs. H. Iksan Iskandar, M.Si. memimpin langsung Launching bersama Sekretaris Propinsi (Sekprop) Sulawesi Selatan (Sul Sel) Dr. Abdul Hayat Gani, M.Si didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jeneponto Muh. Arifin Nur, SH., MH disaksikan ratusan undangan stakeholder lainnya.

Launching Penerapan SPORT for ALL dan SPORT TOURISM di Kabupaten Jeneponto yang mengambil lokus kegiatan di wilayah Kecamatan Binamu dengan menentukan secara spesifik olahraga panahan melalui gelaran Festival Memanah Olahraga Budaya Tradisional Rekreatif tingkat Regional Sulawesi Selatan 2022 dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Jeneponto masa bakti 2022 – 2026.

Sebagaimana diketahui, Ketua Umum Terpilih KORMI tidak lain adalah Sekda Jeneponto didampingi Sekretaris Umum Suardi, S.Ag, Reformer PKA PPSDM Kemendagri dan Bendahara Umum adalah Dr. Ihdiana, M.Pd.I.

Reformer Suardi, S.Ag meyakini, bahwa hadirnya KORMI Jeneponto adalah strategi jangka panjang untuk menjaga Gagasan Holistik SPORT for ALL dan SPORT TOURISM akan sustainable di Kabupaten Jeneponto.

Secara komprehensif, selaku reformer, Suardi mendeskripsi gagasannya
“SPORT for ALL dan SPORT TOURISM dapat dimaknai, bahwa setiap orang dapat berolahraga dan setiap olahraga dapat dijadikan kegemaran yang menyenangkan layaknya melakukan rekreasi. Akan lebih dinikmati lagi bila ia dilakukan sembari berwisata dengan olahraga rekreatif atau berolahraga sambil berwisata.

Gerakan berolahraga budaya tradisional rekreatif bertujuan untuk memassalkan/membudayakan olahraga yang diangkat dari kearifan lokal budaya (local wisdom), lahir tumbuh dan berkembang menjadi kegemaran masyarakat sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan, kebugaran, kegembiraan dan hubungan interaksi sosial yang diselenggarakan dengan prinsip mudah, murah, menarik, manfaat dan massal.