MAKASSAR – Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat (MUI Jabar) mengimbau umat Islam menggelar salat ghaib untuk mendoakan putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emeril Kahn Mumtaz, yang hilang di Sungai Aaree, Swiss, yang sampai saat ini belum ditemukan.

Baca Juga : Perdana Digunakan Salat Ied, Warga Padati Hingga Pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna

Seruan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran MUI Jabar yang dikeluarkan di Bandung pada Kamis, 2 Juni 2022. Surat edaran tersebut ditandatangani Ketua MUI Jabar, Rahmat Syafei.

“MUI Provinsi Jawa Barat turut merasakan kesedihan yang mendalam seraya mendoakan semoga Bapak gubernur beserta keluarga tetap diberi kekuatan dan ketabahan dalam menerima musibah ini,” tulisnya.

Ia mengatakan, rencana untuk mengumandangkan salat gaib disaksikan langsung oleh Ridwan Kamil dalam pertemuan virtual dengannya.  Sehingga dia mengatakan surat edaran itu sudah disetujui oleh keluarga.

Dalam hal ini, kata dia, keluarga Ridwan Kamil telah menerima dan meyakini sepenuhnya bahwa Emeril Kahn Mumtaz atau yang akrab disapa Eril meninggal karena tenggelam.

Selain itu, kata dia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss mengatakan bahwa otoritas setempat telah mengubah status pencarian Aril, dari status pencarian hilang menjadi status pencarian yang mati tenggelam.

“Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan sudah meninggal dunia,” katanya.

Baca Juga : Baru Tiba dari Jakarta Rahman Pina Langsung Temui Warga Antang