JAKARTA – Presiden Joko Widodo  mencopot beberapa menteri dan wakilnya telah direshuffle dan menunjuk beberapa orang baru untuk membantunya dalam pekerjaan pemerintahan.

Baca Juga : Desas-desus Kabinet Jokowi

Jokowi memutuskan untuk melakukan reshuffle atau perombakan kabinet dan mengumumkannya di Istana Negara hari ini, Rabu (15/6/2022).

Jokowi telah mencalonkan dua nama baru untuk menggantikan menteri yang digulingkan itu. Salah satunya Ketua PAN, Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan.  Pria yang akrab disapa Zulhas itu akan menggantikan mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Kemudian ada nama mantan Panglima TNI Marsekal, (Purn) Hadi Tjahjanto yang dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi akan menggantikan Sofyan Djalil yang menjabat sejak 2016.

Posisi wakil menteri di kabinet Jokowi juga akan diubah. Salah satunya adalah Sekretaris Dewan Pembina PSI, Raja Juli Antoni, yang akan diangkat menjadi Wakil Menteri ATR/BPN, menggantikan sesama kader PSI lainnya yakni Surya Tjandra yang menjabat sejak 2019.

Sementara itu, Jokowi kembali mengangkat dua orang Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Dua bakal calon, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, John Wempi Watipo dilantik menjao Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB), Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Berikut daftar menteri dan wakil menteri yang dicopot oleh Jokowi:

Menteri Perdagangan : Muhammad Luthfi
Menteri ATR/BPN : Sofyan Djalil
Wakil Menteri ATR/BPN : Surya Tjandra

Berikut nama-nama menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju:

Menteri Perdagangan : Zulkifli Hasan
Menteri ATR/BPN : Hadi Tjahjanto
Wakil Menteri ATR/BPN: Raja Juli Antoni
Wakil Menteri Dalam Negeri : John Wipo Watipo
Wakil Menteri : Afriansyah Noor
Baca Juga : 10 Kursi Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Kosong, Berikut Daftarnya