Morowali – Sebagai sebuah negara agraris, sektor pertanian menjadi salah satu motor penggerak perekonomian nasional. Tentunya pemerintah pusat maupun daerah perlu memberikan perhatian khusus bagi para petani yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal inilah yang mendorong BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) bersama Pemerintah Kabupaten Morowali untuk saling bersinergi dan menjadi pelopor dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi petani di wilayah Sulawesi Tengah.

Sebanyak 20.700 petani mendapatkan perlindungan dua program dari BPJAMSOSTEK yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di seluruh Indonesia.

Kerjasama ini secara resmi diluncurkan oleh Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin dan Bupati Morowali Taslim dalam sebuah kegiatan yang digelar di kantor Bupati dan disaksikan oleh seluruh penyuluh pertanian di wilayah Kabupaten Morowali, Rabu (15/06).

Dalam sambutannya Taslim mengatakan bahwa kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut atas Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2 tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pihaknya pun berharap sinergi ini dapat terus terjalin demi mewujudkan visi Kabupaten Morowali yaitu sejahtera bersama.

Sementara itu Zainudin menyatakan apresiasinya kepada kabupaten morowali yang telah serius memperhatikan kesejahteraan para petani yang masuk dalam kategori pekerja rentan.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Bapak bupati beserta seluruh jajarannya yang sudah ikut berperan besar dalam mewujudkan universal coverage perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Tentu hal positif ini dapat menjadi inspirasi bagi Pemeritah Kabupaten atau Kota lainnyaa di Provinsi Sulawesi Tengah,” terang Zainudin.

Zainudin menambahkan bahwa tidak hanya petani, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan juga diperuntukkan bagi seluruh pekerja di sektor Penerima Upah (PU) maupun Bukan Penerima Upah (BPU).

Pihaknya turut mengimbau kepada seluruh pekerja untuk segera mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJAMSOSTEK karena dengan iuran yang cukup terjangkau, manfaat yang didapatkan sangat besar.