JAKARTA – Presiden Rusia, Vladimir Putin telah berjanji kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas krisis Ukraina bersama dari perspektif Negeri Beruang Merah.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan Kepada Terdampak Angin Puting Beliung di Maros

“Ketika kita berbicara melalui telepon, Anda menyatakan keprihatinan dan minat dalam masalah penyelesaian krisis di Ukraina, di Donbass. Secara alami, saya akan memberi tahu Anda secara rinci tentang segala sesuatu yang terjadi di sana dan tentang sudut pandang kami tentang masalah ini, ” katanya, dilansir Kremlin, Kamis (30/6/2022) malam.

Putin mengaku senang dengan kunjungan Jokowi ke Moskow. Menurut Putin, Indonesia merupakan salah satu negara yang telah mengembangkan hubungan sangat baik setelah menjalin hubungan diplomatik selama beberapa dekade.

“Yang penting, kita mengembangkan hubungan kita di segala bidang, seperti ekonomi, politik dan keamanan dan tentu saja, upaya untuk melawan ancaman terorisme,” katanya.                    

Putin menjelaskan bahwa pada tahun 2021, perdagangan kedua negara akan tumbuh sebesar 42% dan meningkat lebih cepat tahun ini.

“Saya tahu Indonesia tertarik untuk mengembangkan hubungan dengan Uni Ekonomi Eurasia (EAEU), dan kami memutuskan pada bula Mei untuk memulai proses pemulihan hubungan dengan organisasi regional,” katanya.

Putin menambahkan, tahun ini Indonesia akan memimpin KTT G20 dan tahun depan akan memimpin Asean.

Baca Juga : Bertemu Menko AH, Manajemen PT Vale-Huayou Apresiasi Dukungan Investasi di Blok Pomalaa