MAKASSAR – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana melakukan takziah di rumah duka Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo, di Jalan Widya Chandra IV Nomor 22, Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga : Presiden RI Bahas 4 Hal Begitu Tiba di Ukraina

Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7/2022).

Berdasarkan informasi Presiden Jokowi dan Iriana tiba sekitar pukul 07.22 WIB.

Jokowi dan Iriana langsung disambut istri Tjahjo, Erni Guntarti, beserta anak-anaknya, Rahajeng Widyaswari, Karunia Putri Pari Cendana, dan menantunya Detri Warmanto.  Jokowi dan Iriana kemudian berbincang dengan keluarga almarhum.

Jokowi mengingat Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan santai. Selain itu, Tjahjo Kumolo juga merupakan contoh yang baik dan patriot sejati.

Kenangan ini disampaikan Jokowi saat menyampaikan ucapan belasungkawa di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (1/7/2022) kemarin.

“Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara,” katanya.

Diketahui, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan tiba di Tanah Air usai melakukan kunjungan kerja ke Jerman, Ukraina, Rusia, dan Uni Emirat Arab (PEA) selama seminggu.

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, sekitar pukul 06:25 WIB.  Ia segera pergi ke kediaman Tjahjo Kumolo.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam takziah tersebut adalah Menlu, Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung serta Endang Nugrahani.

Baca Juga : Putin Ingatkan Jokowi Tentang Peran Rusia di Awal Kemerdekaan