KESEHATAN – Kaki adalah bagian yang sangat penting dari tubuh kita. Bagian ini sangat krusial saat kita berdiri atau bergerak setiap hari.

Baca Juga : Tiga Ketua TP PKK Kecamatan di Takalar Resmi Dilantik

Terjadinya masalah pada kaki ini dapat sangat mengganggu aktivitas dan kenyamanan kita sehari-hari. Adanya luka atau masalah kesehatan lainnya pada kaki dapat sangat mempengaruhi kita.

Salah satu masalah yang mungkin kita alami adalah mata ikan atau yang biasa disebut dengan foot corn. Kondisi ini terjadi karena area kulit yang menebal dan bisa sangat menyakitkan saat disentuh.

Mata ikan ini biasanya muncul di kaki.  Dalam beberapa kasus lain, meskipun jarang, mata ikan juga bisa muncul di jari kaki atau di samping kaki.

Mata ikan pasti sangat mengganggu dan menyakitkan untuk berjalan. Salah satu cara terbaik untuk mengobati mata ikan ini adalah dengan menjalani operasi.

Selain operasi, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata ikan.

cuka apel

1. Cuka apel

Larutan cuka apel dapat membantu melembutkan dan menghilangkan mata ikan di kaki.  Cukup rendam kaki yang terkena dalam larutan cuka apel selama 25 menit, lalu gosok area tersebut dengan batu apung.

Setelah digosok, tutupi area yang baru direndam dengan perban yang dibasahi dalam cuka apel. Lakukan ini secara teratur dan Anda akan melihat perbedaannya setelah seminggu.

2. Pepaya

Pepaya merupakan buah sehat yang juga dapat membantu mengatasi mata ikan.  Oleskan dengan kapas pepaya mentah yang telah dihaluskan pada mata ikan untuk membantu menghilangkan masalah ini.