JAKARTA – PT Pertamina Patra Niaga masih berupaya tangani rembesan BBM sekitar lokasi proyek pipa BBM Cilacap-Bandung (CB) 3, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang belum diketahui penyebabnya.

Baca Juga : Merugikan Rakyat, Bambang Haryo: Diduga Dirut Pertamina Lakukan Pembohongan Publik

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho menyebutkan bahwa salah satu dari upaya yang dilakukan adalah melokalisasi dan menyedot BBM yang mengotori Sungai Jambu.

Tidak hanya itu, dia juga mengatakan bahwa PT Hutama Karya (Persero) telah membuka posko pengaduan di Markas Kepolisian Sektor Jeruklegi sejak Sabtu (6/8) dan diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengutarakan keluhan terkait kejadian tersebut.

“Posko tersebut mulai dibuka hari ini (6/8). Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan dan sebagainya terkait dengan rembesan BBM tersebut, silakan untuk datang langsung ke posko,” kata Brasto dilansir dari CNNIndonesia.com.

Lanjutnya, Pertamina bersama dua pihak kerja sama masih menyelidiki penyebab rembesan tersebut.

“Kami bersama pihak Kerja Sama Operasional (KSO) PT Hutama Karya (Persero) dan PT Timas Suplindo selaku pelaksana proyek pipa CB 3 masih melakukan investigasi terhadap penyebab rembesan itu,” ujar Brasto.

Upaya terbaru yang dilakukan adalah melokalisasi area rembesan dan dilanjutkan dengan penggalian tanah untuk mencari titik kebocoran pada pipa BBM. Rembesan yang terjadi pada Rabu (3/8) dini hari tersebut diketahui berasal dari pipa CB 1.

Pipa CB 1 dan CB 2 yang ada saat ini merupakan pipa multifungsi. Pipa tersebut dapat digunakan untuk menyalurkan gasoline (Pertalite, Pertamax, dan sebagainya) maupun gasoil (Solar, Dex, dan sebagainya) secara bergantian dari Cilacap menuju Bandung.