Sementara itu, staff Ahli Menteri Agama RI Bidang Hukum dan HAM Abu Rokhmad dalam keterangannya beberapa hari lalu menegaskan nilai BIPIH 2023 sebesar Rp69 juta merupakan usulan. Namun ia meminta agar diputuskan lebih cepat untuk mengantisipasi keterlambatan dan kesiapan CJH.

“Tergantung DPR ya. Kalau beliaunya cepat, ini sudah masuk bulan Rajab. Berarti kita berharap ya kita berharap jangan mepet seperti tahun kemarin. Kita berharap tidak bertele-tele dan cepat segera diputuskan supaya masyarakat punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri,” tegas Rokhmad di Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023.

Kendati demikian, sambil menunggu keputusan, Rokhmad mengimbau kepada calon jemaah untuk tetap mempersiapkan diri menghadapi potensi kenaikan biaya haji. “Harus mulai disiapkanlah dengan sebaik-baiknya. Dan pemerintah berharap jemaah punya istitha’ah (kemampuan), punya kesanggupan untuk misalnya melunasi biaya berapa biaya haji yang nanti akan disepakati bersama antara pemerintah dengan Komisi VIII yang akan datang,” pungkasnya.