RAKYAT.NEWS, Makassar – Tim dokter dari Universitas Hasanuddin Makassar, hari ini, Rabu, 8 Februari 2023, berangkat ke Turki. Informasi soal keberangkatan tim ini dibenarkan Humas Unhas Ahmad Bahar.

“Sudah di bandara timnya, ada 5 dokter yang berangkat,” kata Ahmad dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Rabu pagi.

Tim dokter Unhas berangkat menggunakan maskapai Garuda pagi ini. Mereka langsung bergabung dengan tim Kementerian Kesehatan di Jakarta. Mereka selanjutnya akan terbang menggunakan pesawat Herkules ke Turki.

Tim dokter Unhas ini akan bertugas untuk membantu tim Kementerian Kesehatan yang dibentuk pemeritah. “Untuk membantu Turki,” ungkap Ahmad.

Gempa dahsyat bermagnitudo 7,8 terjadi di wilayah setempat Turki-Suriah pada, Senin, 6 Februari 2023. Bencana itu dilaporkan meluluhlantakkan banyak bangunan di kawasan kota hingga daerah lain di sana.

Pihak berwenang Turki memaparkan sejauh ini mencatat total 2.379 orang meninggal dunia dan 14.500 orang terluka akibat gempa paling dahsyat sejak 100 tahun terakhir ini.

Turki pun mendeklarasikan tujuh hari masa berkabung untuk menghormati para korban dan keluarga yang berduka.