RAKYAT.NEWS, Jakarta – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) setiap tanggal 9 Februari, Save the Children mengapresiasi seluruh langkah jurnalis di Indonesia, terutama dalam upaya melakukan peliputan ramah anak dan pemberitaan yang berpihak pada anak.

Saat ini, peran jurnalisme dan media massa sangat krusial untuk menangkal informasi-informasi bohong yang beredar, seiring dengan menjamurnya platform media sosial, di mana semua orang dapat membagikan kisah, informasi, dan mengabarkan situasi. Sejak 2021, Save the Children sebagai organisasi yang bergerak dalam pemenuhan hak anak, aktif mengajak jurnalis dan organisasi jurnalis untuk meningkatkan kapasitas dalam pemberitaan ramah anak.

Saat ini, Save the Children juga masih aktif membangun komunitas jurnalis di berbagai provinsi (Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur) yang bernama “Jurnalis Sahabat Anak”. Para jurnalis dan kontributor yang tergabung dalam komunitas ini terbagi dalam berbagai tier media–tidak hanya media nasional tier 1, tetapi juga media-media lokal yang berpengaruh besar di wilayahnya.

“Kami bekerja sama dengan para Jurnalis dan expert media massa dalam menyelenggarakan workshop untuk jurnalis-jurnalis di daerah. Fokus kami adalah agar lebih banyak lagi jurnalis yang mendapat kapasitas melakukan peliputan ramah anak, sehingga menghasilkan pemberitaan yang berpihak pada anak,” kata Chief of Advocacy, Campaign, Communication, and Media – Save the Children Indonesia, Troy Pantou dalam siaran pers yang diterima, Sabtu, 11 Februari 2023.

Salah satu materi yang sering menjadi bahan diskusi jurnalis di workshop adalah Kebijakan Keselamatan Anak dalam Kerja-Kerja Komunikasi dan Media, salah satu materinya perihal Triangle of Risks: Nama, Foto, Lokasi. Di mana peserta workshop diberikan studi kasus risiko-risiko yang dapat menimpa anak dan keluarganya jika salah satu atau bahkan semua aspek Triangle of Risks tersebut dimuat dalam pemberitaan. Tak hanya itu, materi lain yang tak kalah penting juga seputar kebijakan dan Undang-Undang Pers.