RAKYAT.NEWS, Makassar – Banjir yang terjadi di Kota Makassar, tak hanya masuk ke pemukiman penduduk. Banjir juga ikut merendam sebagian besar jalan poros hingga jalur lintas provinsi. Di antaranya Jalan AP Pettarani, Jalan Urip Sumoharjo hingga jalur di dalam tol Reformasi.

Banjir mengakibatkan sejumlah pengendara yang melintas terhambat karena kendaraan mereka mogok. Untuk menghindari banjir sebagian pengendara lain bahkan nekat menerobos pintu tol Reformasi supaya bisa dapat akses yang mudah.

Video banyak pengendara menerobos pintu tol itu bahkan sempat beredar di media sosial hingga sejumlah grup WhatsApp. Pengendara itu bahkan sempat terlibat cekcok dengan petugas penjaga pintu tol. Kondisi pun saat itu disertai hujan lebat.

Petugas dari Patroli Jalan Raya (PJR) Polrestabes Makassar buka suara. Polisi memberikan keterangan untuk menjelaskan persoalan yang terjadi dan videonya tersebar di media sosial.

“Tadi pagi saat curah hujan tinggi pengendara dari arah pintu gerbang Tallo Barat kemudian diarahkan belok kiri setelah jembatan setelah kordinasi dengan pihak tol demi keselamatan pengendara R2 (sepeda motor),” kata Kompol Amin Toha saat dikonfirmasi Rakyat.News, Senin, 13 Februari 2023.

Meski sempat terlibat cekcok antara pengendara dengan petugas tol, mereka akhirnya diizinkan lewat jalur yang telah disediakan. “Mengingat tidak bisa melintas di jalan samping pintu gerbang genangan air cukup dalam namun sudah normal kembali saat saya ke lokasi,” ungkap Toha.

“Saya ke lokasi 09.45 WITA. Setelah saya ke lokasi gerbang tol kordinasi dengan pihak tol tidak ada masalah cuma disarankan pengendara R2 teratur gantian utamaya setelah ada mobil yang lewat  karena ada palang pintu demi keselamatan dan tangung jawab petugas  tol,” imbuh Toha menyudahi.