RAKYAT.NEWS, Makassar – Perguruan Tinggi UIN Alauddin Makassar baru saja mengukir prestasi. Tata kelola keuangannya dianugerahi penghargaan terbaik kategori pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu)

Penghargaaan ini diterima langsung oleh Rektor UIN Makassar, Prof Hamdan Juhanis dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani di kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

Dari keterangan tertulis yang diterima redaksi malam ini, Kamis, 2 Maret 2023, kampus UIN Makasaar ini terbaik di antara 65 kampus dan satuan kerja di bawah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se Indonesia.

Anugerah penghargaan terbaik ini tidak terlepas dari peran Prof Wahyuddin Naro, Wakil Rektor II yang membidangi bagian umum dan keuangan di kampus UIN Makassar.

Perihal faktor yang membuat UIN Makassar mendapat apresiasi dari Kemenkeu ini, Wahyuddin Naro menjelaskan bahwa ada banyak faktor.

Diantaranya, kata Wahyuddin Naro lagi, adalah faktor tata kelola keuanhan sistem kinerja dan aplikasi yang sudah sangat baik.

”Sistem kinerja, yang bekerja benar-benar diapresiasi. Bukan sekadar kerja-kerjaan yang mendapatkan tunjangan,” ungkap eks pengurus teras KNPI Sulsel, 4 periode ini.

Ditambahkan, tata kelola keuangan yang dimaksud adalah peraturan Kemenku diimplementasikan di kampus UIN Makassar diantaranya skema remunarasi pada Indikator Kinerja Utama (IKU) dan kinerja dosen juga para pegawai telah menggunakan aplikasi online dengan dasbor yang bisa diakses khalayak umum.

“Selain itu juga, pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparansi berbasis aplikasi, pemanfaatan seluruh aset lancar dan aset tetap dikelola secara maksimal,” pungkasnya.