RAKYAT.NEWS, Makassar – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyatakan sikapnya atas Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia serta menjawab penolakan atas keikutsertaan Israel, melalui siaran pers kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 28 Maret 2023.

Dia mengatakan keikutsertaan tim nasional Israel pada ajang sepak bola paling bergengsi ini tidak akan mengubah posisi politik Indonesia atas konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” ungkapnya.

Dalam pernyataan sikapnya, Presiden Jokowi sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia, bahwa Indonesia sebagai anggota dari FIFA wajib menaati aturan-aturan yang ada.

“Dan dalam urusan Piala Dunia U-20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA punya aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dengan politik,” kuncinya.

Reporter : Regent Aprianto Husen