RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, bersama BPOM gelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui KIE terkait obat dan makanan bersama tokoh masyarakat Kecamatan Manggala, yang digelar di Balai Aroepala, Jumat, 16 Juni 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Aliyah Mustika Ilham, kembali mengingatkan akan pentingnya lebih teliti dan cerdas selaku konsumen dalam memilih obat dan makanan serta kosmetik sebelum digunakan.

“Maraknya produk yang diperjual belikan melalui online maupun offline, mengharuskan masyarakat semakin cerdas dalam memilih produk. Jangan mudah tergiur dengan hasil yang instan ataupun harga murah sehingga mengabaikan cek KLIK,” ujarnya.

Apa itu cek KLIK, cek KLIK itu terdiri dari cek Kemasan, cek Label, cek Izin Edar, dan cek Kedaluwarsa.

Sosialisasi ini menghadirkan Kepala Bagian Tata Usaha, Balai Besar POM di Makassar, A Amirah Nilawati. serta narasumber Jaya Abdullah.

Dalam kesempatan tersebut, Jaya Abdullah memaparkan terkait berbagai obat-obatan dan juga jamu tradisional. Jamu tradisional menjadi salah satu pilihan alternatif masyarakat yang sudah menjadi tradisi.

“Tak dapat dipungkiri, masyarakat sangat percaya dengan khasiat dari ramuan jamu, namun seiring perkembangan teknologi, kini jamu tidak lagi dibuat secara alami dan tradisional, bahkan berbagai produk jamu kemasan telah banyak beredar. Untuk itu diharapkan masyarakat untuk tetap cerdas dan patuh untuk teliti melakukan cek KLIK,” ujarnya.

Demikian pula dengan pemilihan berbagai produk kosmetik, tingginya tingkat peredaran produk melalui online, baik produk dari dalam dan luar negeri, menuntut masyarakat untuk berhati-hati.

“Diharapkan masyarakat selain selaku konsumen juga mampu menjadi pengawas produk, dan aktif melakukan pelaporan jika menemukan produk yang tidak berbadan POM, demi keamanan bersama,” lanjutnya.