RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Puluhan massa dari Forum Pemuda Mahasiswa Pegiat Hukum dan Anti Korupsi (FPMPHAK) menggelar aksi demonstrasi di depan Polda Sulsel. Mereka mensuport beberapa dugaan tindak pidana korupsi di UIN Alauddin Makassar yang dibawah kepemimpinan Rektor Hamdan Juhannis.

Aksi yang diikuti puluhan mahasiswa penggiat Anti korupsi tersebut berlangsung di depan Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel pada Rabu (05/07/2023).

Massa aksi bergantian, mendesak Polda Sulsel untuk segera menetapkan tersangka kasus korupsi pembangunan gedung Pascasarjana UIN Alauddin Makassar yang saat ini telah bergulir di Polda.

Mereka menduga adanya permainan permainan kotor yang dilakukan oleh pihak terkait yang harus segera ditindak agar tidak menimbulkan korupsi yang lebih besar lagi.

“Kasus ini sudah lumayan lama dan Polda Sulsel harusnya segera menetapkan tersangka dalam dugaan korupsi gedung Pascasarjana UIN Alauddin Makassar yang kami duga turut melibatkan pejabat-pejabat yang ada di dalam,” ungkap Rachmat Koordinator Aksi.

Selain itu, hasil investigasi juga menyebutkan jika memang terdapat banyak kejanggalan dari pembangunan gedung tersebut. Diantaranya pembangunan lanjutan yang terkesan dipaksakan yang diduga tidak disertai dengan audit kelayakan kelanjutan pembangunan karena gedung tersebut sebelumnya telah mangkrak selama beberapa tahun.

Selain itu, hasil investigasi dari PMPHAK menyebutkan jika adanya subkontraktor yang hingga hari ini belum mendapatkan bayaran sesuai dengan kontraknya.

“Oleh karena hal hal tersebut kami akan terus mengusut dan mendesak Polda Sulsel agar jangan bermain-main dan segera menyelesaikan kasus dengan menangkap pelaku,” tambahnya.

Selain menyoroti gedung Pascasarjana, PMPHK juga akan segera melaporkan dan mendesak Polda Sulsel untuk mengusut dugaan korupsi dana hibah yang juga terjadi pada pembangunan masjid agung UIN Alauddin. Serta dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi pada pengadaan fasilitas internet yang menelan anggaran begitu banyak namun sampai hari ini hasilnya tak dirasakan oleh mahasiswa.