LUWU UTARA – Orientasi dan penandatanganan fakta integritas calon kepala desa, pemilihan kepala desa serentak tahun 2022, Kabupaten Luwu Utara, digelar di Aula Lagaligo Kantor Bupati Luwu Utara, pada Kamis (8/9/2022).

Baca Juga : Tutup Pendaftaran, KPU Umumkan 40 Bakal Calon Peserta Pemilu 2024

Kepala Dinas PMD, Misbah dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bersama, terkait proses pelaksanaan pemilihan kepala desa bagi calon kepala desa di Luwu Utara.

“Orientasi pertama kalinya dilaksanakan sejak adanya pilkades mungkin di Indonesia ini yang pertama kali, karena sebelumnya tidak ada dalam juknis terkait orientasi kepala desa,” katanya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan.

“Menjadi pemimpin adalah pilihan yang d tentukan dengan sadar, artinya hanya orang yang sadar punya komitmen untuk hadir sebagai pemimpin dan tentu saja didasari dengan niat baik,” ucapnya.

Ia memaparkan bahwa, Kepala desa adalah pemerintahan terkecil dimulai dari Presiden, Gubernur, Bupati, Camat dan terakhir kepala Desa. Maka dari itu, sebagai orang yang akan diberikan amanah untuk memimpin struktur pemerintahan harus memahami betul tentang hadirnya negara.

“Semua calon pemimpin sudah harus menunjukkan komitmennya sejak awal, terutama menghadirkan kondisi yang kondusif dalam pemilihan kepala desa serentak dan pasca pemilihan kepala desa serentak,” ujarnya.

Ia yakin masyarakat memiliki hal-hal yang baik dan akan memberikan yang baik untuk masyarakat, terlebih jika memiliki niat yang baik tentu semua yang diberikan kemasyarakat pasti baik.

“Tolong jangan menjanjikan hal-hal yang tidak mungkin kita berikan kepada masyrakat,” pintanya.

Ia kembali menekankan tugas pemerintah yang pertama, adalah pemerintah hadir untuk memastikan kondisi yang kondusif, kemudian yang kedua memastikan menghadirkan kesejahteraan.

“Saya tegaskan lagi jangan ada money politik,” tegasnya.

Bupati dua periode ini mengatakan kesuksesan pemerintahan di desa akan menentukan seperti apa pemerintahan di atasnya.

“Kita berharap 68 calon kepala desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak ini harus berkomitmen akan melaksanakan dengan jujur , aman terkendali dan tanpa sengketa,” katanya.

“Saya mengimbau kepada kita semua, salah satu potensi masalah kalau wasit tidak netral jadi saya meminta wasitnya betul-betul menjalankan fungsi wasit tidak ikut sebagai pemain,” pungkasnya.

Diketahui peserta calon kepala desa Kabupaten Luwu Utara tahun 2022 sebanyak 68 orang.