SOROWAKO – Kontraktor lokal di Luwu Timur menanggapi penolakan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) untuk memperpanjang kontrak karya PT Vale Indonesia Tbk di RDP beberapa hari lalu.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Kritik PP 81 Produk Pemerintah Pusat Soal Sewa Lahan Tambang PT Vale

Rano Arna Odenjar mengatakan mewakili pengusaha lokal saya ingin menyampaikan jika pernyataan Gubernur Sulsel sangat tidak berdasar. 

“Tidak benar jika kehadiran PT Vale tidak memberi manfaat bagi masyarakat Sulsel khususnya Luwu Timur,” katanya, Jumat (8/9/2022).

Fakta yang ada, kehadiran PT Vale sangat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat Sulsel khususnya Luwu Timur. Tidak saja pada sisi dibuka lapangan pekerjaan dengan menyerap ribuan karyawan lokal dari Luwu Timur, tapi juga membuka lapangan usaha bagi sejumlah pengusaha lokal.

“Kami sangat merasakan manfaatnya sebagai pengusaha lokal, karena ekonomi bergerak di Luwu Timur,” ujarnya. 

Selain itu, perusahaan ini sangat taat dalam menjalankan operasionalnya. Kondisi alam di Luwu Timur terjaga dengan baik, contohnya danau Matano. 

“Kami merasakan manfaatnya,” katanya lagi. 

Rano melanjutkan,  sepengetahuannya justru pada saat HUT Luwu Timur Gubernur memberikan pernyataan resminya akan mendukung PT Vale. 

Lalu, kenapa tiba-toba ada pernyataan menolak perpanjangan kontrak karyanya. Tentu ini patut jadi perhatian.

Baca Juga : Perkuat Kerja Sama, Kakanwil Kemenkumham Sulsel Sambangi Bupati Sidrap