RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo berharap agenda Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Pemuda dan Olahraga 2023 menjadi momentum untuk menguatkan pembangunan nasional. Rakornas ini baru pertama kali dilaksanakan.

Dalam Kegiatan tersebut memiliki tema “Pemuda Tangguh, Olahraga Maju” secara resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Muhadjir Effendy yang mewakili Presiden Joko Widodo.

“Agenda Rakornas pemuda dan olahraga ini adalah yang pertama kali diselenggarakan dalam sejarah yang ada di Kemenpora. Tentu ini harus kita apresiasi dan sambut baik gagasan Mas Menpora dalam menggelar rapat ini,” katanya.

Dalam agenda ini Menko PMK Muhadjir Effendy menyambut baik Rakornas Pemuda dan Olahraga yang diselenggarakan oleh Kemenpora. Menko Muhadjir juga punya harapan yang sama agar Rakornas ini bisa menghasilkan rancangan atau konsep untuk meningkatkan pelayanan kepemudaan serta peningkatan prestasi olahraga. 

Selai itu pada rakornas perdana ini, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Kemenpora RI dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Dalam agenda tersebut ada juga Penandatanganan komitmen bersama yang dilakukan Kemenpora RI bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) tentang pelaksanaan Tridarma Ekakarma di Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan. Hal itu di tanda tangani oleh Menpora Dito dan Pang Lima TNI Yudo Marguno yang disaksikan oleh seluruh tamu undangan.

Agenda tersebut dihadiri oleh perwakilan kementerian/lembaga, seluruh perwakilan pemerintah daerah, serta stakeholder kepemudaan dan keolahragaan ini juga membahas berbagai isu strategis antara lain sosialisasi dan pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di tingkat daera dan juga Rencana Aksi Daerah (RAD) pelayanan kepemudaan.