RAKYAT.NEWS, BOGOR – Presiden Republik Indonesia Jokowi menghadiri acara Rembug Nasional 2023 yang bertajuk “Solid Berjuang Untuk Rakyat, Rawat Pancasila dan NKRI Menuju Rumah Besar Nasionalis” yang digelar oleh Relawan Solidaritas Merah Putih (Solmet) bertempat di Gedung Putih Tio Ma Convention Center, Jalan Sholeh Iskandar No.5 Cibadak-Kota Bogor, pada Sabtu (16/9/2023).

Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengutarakan rasa terima kasih atas dukungan semua para relawan Solmet, sehingga dirinya mendapatkan amanah selama sembilan tahun menjadi Presiden Republik Indonesia.

“Tapi kita harus ingat, tantangan setelah covid semakin sulit, Ekonomi dunia semakin sulit, krisis energi masih terjadi di beberapa negara, krisis pangan tejadi dampak perang di Ukraina,” kata Joko Widodo.

Bahkan, ada saja negara yang tidak berkenan mengeksport pangan, yang mengakibatkan beberapa negara yang mengalami kekurangan beras dan gandum.

“Inilah kesulitan yang di alami dunia, akan tetapi, alhamdullah Negara Indonesia satu-satunya negara terbaik dalam mengatasi dampak Covid, termasuk pemulihan ekonominya,” kata, Presiden RI Ke-7 itu.

Jokowi meminta, kepada masyarakat Indonesia agar selalu mengucapakan terima kasih kepada tuhan Yang Maha Esa di dalam keadaan saat ini.

“karena, untuk keluar dalam krisis Covid tidak mudah, harga pangan naik, harga energi naik, suku bunga Bank dunia ikut naik, pungkasnya.

Dengan alasan itu, Jokowi dodo mengatakan semua kesulitan yang akan di hadapi oleh pemimpin Bangsa Indonesia di masa yang akan datang sesuatu yang tidak mudah.

“Oleh sebab itu, saya menyampaikan hati-hati dalam menentukan kepemimpinan nasional 2024,” imbaunya.