RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kepala Badan Pangan, Arief Prasetyo Adi ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Menteri Pertanian (Plt. Mentan) pasca pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Kamis, 5 Oktober kemarin.

“Penggantinya masih Plt, Plt-nya Pak Arif Prasetyo Kepala Badan Pangan,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jumat, 6 Oktober 2023, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Hal yang dilakukan Syahrul tersebut karena dirinya terseret kasus dugaan korupsi penempatan pegawai Kementerian Pertanian (Kementan).

Kasus korupsi itu kini sedang disidik Komisi Pemberantasan Korupsi. Lembaga anti rasuah tersebut mengaku telah menemukan tiga klaster terkait dugaan korupsi di lingkungan Kementan. Yang diselidiki saat ini merupakan klaster pertama.

Puluhan pihak terkait telah diklarifikasi dalam proses penyelidikan dugaan kasus korupsi tersebut. Satu di antaranya ialah Syahrul Yasin Limpo.

Berdasarkan informasi hasil gelar perkara yang dikutip dari CNNIndonesia.com, pimpinan KPK menyepakati Syahrul dan dua pejabat Kementan lainnya sebagai tersangka dan sudah dikonfirmasi Menko Polhukam, Mahfud MD.

Namun di tengah kabar penetapan tersangka itu, Syahrul sempat dikabarkan ‘hilang’ di Eropa.