RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78, Dinas Pendidikan Kota Makassar menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, di Halaman Kantor Disdik Makassar, Jalan Anggrek, pada Kamis (17/08/2023).

Upacara pengibaran bendera dipimpin oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan Kota Makassar, Aminuddin Tarawe, sebagai pembina upacara, dan pemimpin upacara Kabid Dikdas.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara, yang diwakili oleh Sekdis Dinas Pendidikan, membacakan sambutan Wali Kota Makassar dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Dalam sambutan tersebut, Wali Kota Makassar menekankan pentingnya peran para pegawai dalam mendukung dan mendorong pelaksanaan program-program strategis yang telah diinisiasi oleh Pemerintah Kota Makassar. Salah satu poin penting yang disampaikan adalah konsep “Merdeka Belajar” dan “Merdeka Mengajar”.

“Konsep ini bertujuan untuk mendorong perkembangan karakter peserta didik serta meningkatkan literasi, numerasi, dan kedisiplinan bagi seluruh pegawai di lingkup Dinas Pendidikan Kota Makassar,” ujar Aminuddin Tarawe.

Melalui pendekatan ini, diharapkan masyarakat pendidikan dapat terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang. Selain itu, momentum peringatan kali ini juga menjadi panggilan untuk terus berjuang dalam menjada persatuan dan kesatuan bangsa.

“Para pegawai dinas pendidikan diharapkan dapat menjadi teladan dalam menciptakan generasi yang memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, serta kemandirian dalam berpikir dan bertindak,” katanya.

Dengan semangat peringatan hari kemerdekaan ini, Disdik Makassar berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mengembangkan potensi anak-anak dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan dan kemerdekaan yang telah dicapai para pahlawan dimasa lalu.

“Semoga semangat ini terus menggelora dan menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat di kota Makassar dan Indonesia pada umumnya,” pungkasnya.

Para pejabat tinggi dan pegawai Dinas Pendidikan turut hadir dalam momen bersejarah ini, menunjukkan dukungan dan semangat mereka terhadap kemerdekaan Indonesia.