RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Founder Indonesian Water Association (IDWA) Muhammad Sirod yang juga ketua bidang Air Perpipaan, AMDK dan Depot Air Minum mengatakan bahwa Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi paling siap dalam mengelola utilitas air bersih dan air minum.

Titik Nol IKN Nusantara sangat berdekatan dengan anak-anak sungai yang bermuara ke teluk Balikpapan – Kariangau.

Hal ini akan baik untuk menjangkau Ibu Kota Negara (IKN) bahkan lewat jalur laut sekalipun.

Di sisi lain sumber-sumber air pasti melimpah bilamana air tanah kurang pun, dapat mendesalinasi air laut menjadi air segar.

Sirod mengungkapkan bagan yang ia dapat dari Laporan Kinerja BUMD Air Minum Kementerian PUPR tahun 2022 bahwa seluruh PDAM di Kalimantan Timur berkinerja sehat dan baik.

“Artinya selain ditopang oleh alam, kelembagaan utilitas air di Kaltim menurutnya akan siap men-support kebijakan nasional.” Kata Sirod, Selasa (26/12/2023).

Pernyataan Praktisi ahli Air ini rupanya bertentangan dengan komentar Cawapres Muhaimin Iskandar soal kapasitas kota Balikpapan dalam menunjang IKN.

Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyatakan bahwa akses air bersih di Balikpapan dipasok dari dua waduk yaitu Waduk Manggar dengan suplai normal 1.100 liter per detiknya, dan Bendungan Teritib dengan produksi normal 200 liter per detik.

Sirod mengamini pernyataan Rahmad, bahkan membenarkan bahwa PDAM Balikpapan memang punya IPA Teritip 200 lpd yang dibangun di tahun 2017-an.

“Kedepan provinsi dan seluruh pdam-pdam di kalimantan dapat membuat IPA di kisaran 1000 liter per detik yang akan memenuhi setidaknya 50.000 kepala keluarga baru yang akan menempati IKN bila kota tersebut telah siap.” Ucap Sirod

Sistemnya dapat mendirikan
perusahaan patungan, karena pdam-pdam di kalimantan timur ini kaya-kaya, mereka bisa mandiri tanpa dibantu pusat membiayai overhead cost setiap bulan dan rajin ber-investasi menambah kapasitas produksi air dan pipa-pipa transmisi distribusi sehingga capaian sambungan pelanggan mereka selalu naik.