Makassar, Rakyat News – Kegiatan Penerimaan dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (P2KBN) mahasiswa baru tingkat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM UNHAS) kembali diselenggarakan tahun ini bertempat di Gedung Pertemuan Ilmiah (GPI). Pada hari ketiga, Kamis (16/8/2018) Sharing Mahasiswa Berprestasi menjadi salah satu materi kegiatan dalam agenda P2KBN tersebut. Dengan menghadirkan beberapa mahasiswa berprestasi yang telah mengharumkan nama FKM UNHAS di skala nasional maupun internasional yaitu Alisha Salsabila Indrawan, Sitti Andriani Anwar, Qolbi Khaerun Nisa Syahruddin, Dinda Tri Lestari, dan Wiwin. Materi ini dipandu oleh Suryaman sebagai moderator.

Selama kegiatan berlangsung, para mahasiswa baru sangat berantusias menyimak materi yang diberikan. Pada akhir acara, dibuka sesi tanya jawab, pertanyaan yang diberikanpun beragam, dimulai dari apa yang menjadi motivasi, pengalaman, langkah-langkah untuk meraih prestasi dan manajemen waktu, hingga perihal pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para mahasiswa berprestasi.

“Tulislah mimpi-mimpimu, lalu raihlah, kesuksesan dicapai melalui keringat dan air mata” tutur Dinda.

Mahasiswa lainnya seperti Alisha Salsabila baru saja pulang dari Yokohama City University Summer School Program 2018 di Yokohama, Jepang. Terdapat 35 total peserta dari 6 negara yaitu Vietnam, Thailand, Malaysia, Taiwan, Jepang, dan Indonesia yang diwakili oleh UNHAS. Delegasi dari UNHAS adalah Alisha Salsabila Indrawan (FKM 2015). Kegiatannya berlangsung selama seminggu di Jepang dengan berbagai aktivitas mulai dari kunjungan ke museum teknologi (Miraikan), panasonic center serta diskusi di kelas dan kuliah umum mengenai service science.

Melalui materi Sharing Mahasiswa Berprestasi ini, diharapkan para mahasiswa baru tidak hanya unggul dalam bidang perkuliahan saja, tapi juga dapat mengukir banyak prestasi, baik itu dalam akademik atau non-akademik, serta aktif berorganisasi.