RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pakar Politik, Jerry Massie menganggap pemberian penghargaan jenderal kehormatan kepada Prabowo Subianto memang karena prestasi dan jasanya selama menjabat sebagai menteri pertahanan.

Jerry juga menyarankan agar penghargaan tersebut tidak dipolitisasi.

“Saya kira ini wewenang Presiden Jokowi. Saya kira tak perlu dipersoalkan soal pemberian gelar jenderal kehormatan,” kata dJerry kepada Rakyat News, Rabu (28/2/2024).

Sepengetahuannya, banyak juga panglima ABRI/TNI tidak ada yang komplain. Jerry berpendapat bahwa memang sudah tepat pengharagaan ini diberikan saat pemilu telah usai, jadi tidak akan digoreng ke pilpres.

Apalagi, katanya, diberikan pada Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dan Jenderal Luhut Binsar Panjaitan. Jerry menilai secara standar kelayakan dan kepatutan bahkan secara SOP Prabowo layak menyandang gelar jenderal kehormatan.

“Apa beda dengan Doktor Honoris Causa dan Profesor, ini tak jauh beda. Jadi jangan menggoreng-goreng soal pemberian ini ke ranah politis. SBY pernah mendapatkan penghargaan ini dan Jenderal TNI Luhut,” tutupnya.

Diketahui, Prabowo Subianto menerima penghargaan didasarkan oleh hasil Rapat Pimpinan TNI di Mabes TNI.