JENEPONTO, RAKYAT NEWS – Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar menerima kunjungan kerja Kepala Balai Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, di Ruang kerjanya, Rabu (29/12/2021).

Kepala Balai Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Sulawesi Selatan Dr. Hary Budianto beserta rombongan tiba pada pukul 09.00 Wita dan disambut langsung Bupati H. Iksan Iskandar.

Selain itu, turut hadir Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Manrancai Sally, Kepala Dinas ketenagakerjaan Edy Irate, Kadis Kominfo Syamsi Lili, Kepala Bidang Aplikasi Agus Sijaya dan Kepala Bidang Humas Mansur Rahman.

Kunjungan Kepala Balai Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Sulawesi Selatan Dr. Hary Budianto beserta rombongan adalah untuk penandatanganan Nota Kesepakatan Sinergi (MOU) Academy Digital Talent Scholarship (DTS).

Dr. Hary Budianto menjelaskan kegiatan Academy Digital Talent Scholarship (DTS) bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas tenaga kerja agar terampil di bidang IT sesuai dengan kebutuhan industri.

Ia menjelaskan bahwa pangsa pasar TIK pada masa pandemi diyakini masih tetap kuat dibandingkan dengan sektor lainnya karena semakin banyaknya penggunaan perangkat TIK dan internet terutama dalam penerapan physical distancing, hal inilah yang mendorong sektor TIK masih dapat berkembang pada masa pandemi.

Lebih jauh Dr. Hary Budianto membeberkan bahwa setelah melewati proses penjajakan, kabupaten Jeneponto terpilih menjadi daerah yang akan ditempati sebagai lokasi pelatihan dengan target 10.000 orang peserta.

“Hari ini kita telah membuat sejarah yang ditandai dengan penandatanganan MOU, Jeneponto adalah daerah yang mempunyai potensi dan stakeholder yang siap untuk melaksanakan kegiatan pelatihan ini,”jelasnya.

Setelah penandatanganan MoU Bupati Iksan Iskandar memberikan apresiasi kepada Kementerian Kominfo karena telah menjalin kemitraan dengan menghadirkan program pelatihan informasi teknologi (IT) bagi masyarakat Kabupaten Jeneponto.

Bupati Iksan Iskandar menambahkan bahwa pelatihan IT yang digagas Kementerian Kominfo senafas dengan visi pemerintah yaitu peningkatan kapasitas sember daya manusia (SDM).

“Terima kasih karena telah berupaya mencerdaskan anak bangsa, apalagi dengan melihat persaingan kedepan yang menuntut masyarakat kita memiliki kompetensi dibidang IT,”ujar Iksan.

Di akhir pertemuan Bupati Iksan Iskandar berharap agar pelatihan yang akan dimulai pada Januari mendatang dapat berjalan sesuai rencana sehingga 10 ribu talenta yang terlibat aktif nantinya dapat mandiri dan berdaya saing dibidang IT.

“Tidak ada kata yang lebih pantas saya ucapkan selain terima kasih, kita semua berharap pelatihan ini mampu menghadirkan talenta-talenta digital kabupaten Jeneponto dimasa yang akan datang,” pungkasnya. (*)