RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak masalah jika DPR ingin menggulirkan hak angket dan ia menegaskan bahwa pemerintah tidak akan ikut campur dalam hal tersebut.

“Hak angket itu kan urusannya parlemen ya, urusan DPR, saya kira itu nanti apa mau dilakukan, apa tidak dilakukan, itu ada di DPR sana,” ujar Ma’ruf di Tangerang, Kamis (7/3/2024), mengutip Kompas.com.

Ma’ruf berharap wacana angket untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak berujung pada pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ma’ruf mengaku tidak tahu menahu apakah hak angket akan ditujukan untuk memakzulkan presiden atau tidak karena itu merupakan urusan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ma’ruf ingin pergantian kekuasaan dari Jokowi ke presiden berikutnya dapat berjalan dengan baik dan aman tanpa ada kejadian yang tak diinginkan.

“Kita harapkan tidak sejauh itu ya, tidak sampai ke sana (pemakzulan). Kita harapkan bahwa seperti biasanya kita berjalan dengan baik-baik saja, pergantian pemerintahan itu dengan baik-baik saja,” ujar Ma’ruf.